Internasional Promosi Kesehatan di
Ottawa-Canada (1986) menghasilkan piagam Ottawa Charter yang rumusan
strateginya dikelompokkan menjadi 5 butir,yaitu:
a) Kebijakan Berwawasan Kesehatan (Health Public
Policy)
Adalah ͢kegiatan yang ditujukan kepada para pembuat
keputusan/ penentu kebijakan yang berwawasan kesehatan. Setiap kebijakan
pembangunan di bidang apa saja harus mempertimbngkan dampak kesehatannya bagi
masyarakat. Misalnya, orang yang mendirikan pabrik/ industri, sebelumnya harus
dilakukan analisis dampak lingkungan agar tidak tercemar dan tidak berdampak
kepada masyarakat.
b) Lingkungan Yang Mendukung (Supportive
environtment)
Adalah kegiatan untuk mengembangkan jaringan
kemitraan dan suasana yang mendukung yang ditujukan pada:
-pemimpin organisasi masyarakat
-pengelola tempat –tempat umum
Diharapkan memperhatikan dampak terhadap
lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan non fisik mendukung atau
kondusif terhadap kesehatan masyarakat.
c) Reorientasi Pelayanan Kesehatan (Reorient Health
Services)
Melibatkan masyarakat dalam pelayanan kesehatan
untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya sendiri. Bentuk pemberdayaan
masyarakat yaitu LSM yang peduli terhadap kesehatan baik dalam bentuk pelayanan
maupun bantuan teknis (pelatihan-pelatihan) sampai upaya swadaya masyarakat
sendiri.
d) Keterampilan Individu (Personal Skill)
Kesehatan masyarakat adalah kesehatan agregat yang
terdiri dari kelompok, keluarga dan individu- individu. Meningkatnya
keterampilan setiap anggota masyarakat agar mampu memelihara dan meningkatkan
kesehatan mereka sendiri ( personal skill) sangat penting.
Masing-masing individu seyogyanya mempunyai
pengetahuan dan kemampuan yang baik terhadap :
-cara – cara memelihara kesehatannya
-mengenal penyakit2 dan penyebabnya
-mampu mencegah penyakit
-mampu meningkatkan kesehatannya
-mampu mencari pengobatan yang layak bilamana sakit
e) Gerakan Masyarakat(Community Action)
Derajat kesehatan masyarakat akan efektif apabila
unsur-unsur yang ada di masyarakat tersebut bergerak bersama-sama. Dari kutipan
piagam Ottawa, dinyatakan bahwa: Promosi Kesehatan adalah upaya yang dilakukan
terhadap masyarakat sehingga mereka mau dan mampu untuk memelihara dan
meningkatkan kesehatan sendiri.
UPAYA PEMASARAN PRODUK DAN JASA
Dalam strategi promosi kesehatan berdasarkan piagam
Ottawa, ada berbagai macam upaya pemasaran produk dan jasa yang telah
dilakukan, melalui:
-media elektronik : TV,radio,internet, telepon
seluler, film layar lebar
-media massa : surat kabar, majalah, billboard,
spanduk, umbul-umbul, poster, leaflet, brosur bahkan tulisan ilmiah/ tulisan
populer
-tatap muka langsung door to door
Upaya pemasaran produk dan jasa tersebut dirasakan
kurang efektif apabila tidak dilakukan upaya perubahan prilaku hidup
sehari-hari masyarakat. Maka dilancarkan upaya pendidikan kesehatan yang
dipadukan upaya pembangunan kesehatan dan pengorganisasian kesehatan
Perkembangan pendidikan kesehatan
1975-an : disebut Penyuluhan kesehatan
1995 - sekarang : disebut Promosi kesehatan
Revisi Istilah Promosi Kesehatan di Bangkok
bermakna : KIE( Komunikasi,Informasi dan Edukasi), pemasaran sosial, Mobilisasi
sosial, Pemberdayaan masyarakat, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar