STRATEGI GLOBAL
Globalisasi mengacu pada hubungan yang dalam dan
ketergantungan yang luas antara orang-orang dari negara berbeda.
Globalisasi suatu perusahaan melibatkan peningkatan aktivitas bisnis di seluruh dunia.
Suatu perusahaan harus memutuskan luas pengambilan
keputusan yang harus dipegang suatu pusat kunci atau mendistribusikan sejumlah
besar unit bisnis. Jadi dalam
Pengambilan keputusan harus dilakukan secara sentralisasi atau desentralisasi.
Lingkungan
global terlalu kompleks untuk suatu dikotomi sederhana. Perusahaan dapat
diuraikan sebagai multidomestik (juga mengacu sebagai multilocal) atau global
dalam pendekatan mereka untuk pasar dunia.
Pendekatan
multidomestik, cabang
individu diijinkan untuk bersaimng secara independen dalam pasar domestik yang
berbeda.
Pendekatan
global untuk keseluruhan
sistem produk seluruh dunia dan persaingan posisi pasar .
Hout, Porter dan Rudden (1982)
menyarankan perusahaan mengadopsi strategi multidomestik yang memiliki produk
yang sangat berbeda dari negara pasar. Seperti Perusahaaan yang juga
mempunyai kelemahan –kelemahan untuk
memberi pesaing global suatu sisi penting pesaing. Kelemahan tersebut seperti:
Industri mereka kekurangan skala ekonomi
yang cukup
R&D mungkin terlalu terikat untuk
pasar yang spesifik.
Biaya transportasi dan hambatan dari
pemerintah untuk perdagangan terlalu tinggi
Sistem distribusi yang terlalu
terbagi-bagi dan susah untuk ditembus.
Suatu
strategi global lebih disukai ketika manfaat penting diperoleh dari seluruh
dunia dalam kaitan mengurangi biaya unit atau reputasi atasan atau pelayanan
lebih besar dari biaya tambahan dan jumlah pelayanan.
Jumlah keuntungan ini mungkin datang dari:
-
rencana
produksi yang lebih luas
-
fungsi
jaringan logistik lebih efisien,
-
jaringan
jumlah distribusi lebih tinggi
-
tingkat investasi yang tinngi di R&D.
Istilah
global dapat berarti sesuatu yang berbeda-beda. Hamel dan Prahald (1992)
membedakan antara persaingan global,
bisnis global dan perusahaan global.
1. Persaingan
global terjadi ketika
perusahaan memberi subsidi silang bagian pertempuran pasar nasional dan
pengejaran posisi distribusi serta merek global. Daripada fokus dengan keras
pada pasar nasional, persaingan global memerlukan perusahaan untuk menyerang
persaingan pasar di seluruh dunia termasuk pasar dalam negeri dan pesaing asing
2. Bisnis
global adalah dimana
jumlah minimum memerlukan efisiensi biaya yang tidak tersedia di pusat pasar
perusahaan sehingga memaksa perusahaan untuk mengejar pasar luar negeri yang
mungkin menyediakan pasar dari produk domestik.
Keefektifan biaya dari pabrik mereka tergantung pada kemampuan
mereka untuk menembus pasar
dari negara-negara industri dan menyingkirkan penguasaan
pasar dari negara berkembang lainnya
3. Perusahaan
global mempunyai sistem
distribusi dalam pasar kunci yang memungkinkan subsidi silang pembalasan dan
volme skala dunia.
Bartlet dan Ghoshal mengidentifikasikan
3 hal global yang sangat mendesak yang mempengaruhi strukstur organisasi
derajat sentralisasi dari pengambilan keputusan dan budaya organisasi dari
perusahaan:
1. Kekuatan
untuk penyatuan global.
Kebutuhan untuk efisiensi
Perusahaan perlu mebcapai skala ekonomi dalam wilayah wilayah
seperti lini produk, bagian desain dan
operasi manufaktur.
2. Kekuatan untuk perbedaan
lokal. Memerlukan kemampuan untuk bereaksi.
Campur tangan pemerintah dan perbedaan struktur pasar dan pilihan konsumen memerlukan perhatian yang
lebih dekat ke perbedaan lokal.
3. Kekuatan
untuk inovasi di seluruh dunia. Kebutuhan untuk belajar. Kebutuhan yang mendesak
ini melibatkan pengembangan dan penyebaran inovasi seluruh dunia dan berkaitan
dengan pengaruh pengetahuan.
Masalah untuk perusahaan bahwa
mereka harus berhadapan dengan ketiga perintah tersebut daripada fokus pada
satu saja.
Bartlet dan Ghoshal percaya bahwa perusahaan perlu bergerak
untuk strategi transnasional daripada multidomestik atau strategi global untuk
menyepakati secara efektif 3 bentuk perintah yang dipaparkan.
Dalam operasi luar negeri, unit nasional membuat kontribusi
yang berbeda untuk menyatukan operasi seluruh dunia pada apa yang disebut ”struktur organisasi transnasional”. Masing-masing
unit nasional memainkan suatu peran berbeda dan peran ini bertukar tukar dari
satu negara ke negara lain.
Dimana perusahan multidomestik
memanfaatkan peluang lokal, sedangkan perusahaan global mengimplementasikan
secara sederhana strategi perusahaan induk
MEKANISME SULIT DIPISAHKAN dan INFORMAL
Sebelum menguji peran struktur organisasi
sebagai kelanjutan strategi, sanat penting untuk memahami mekanisme yang sulit
dipisahkan dan pengawasan informal. Seperti hubungan
lateral , komunikasi informal dan budaya organisatoris.
Hubungan-hubungan ke samping
mengacu pada variasi gugus tugas dan pertemuan yang dipegang seluruh struktur
formal untuk memenuhi tujuan perusahaan.
Komunikasi informal melibatkan
jaringan hubungan pribadi yang berkembang dari waktu ke waktu dalam organisasi
tsb.
Budaya organisasi hasil dari
proses sosialisasi individu dalam sebuah perusahaan dan batas-batas nasional
yang mengijinkan berbagai hal untuk dilaksanakan oleh orang yang berbeda pada
cara sama dan konsisten.
Mekanisme yang sulit dipisahkan dan
informal ini mungkin merupakan suatu kunci untuk memanage perusahaan global di
masa datang.
STRUKTUR
ORGANISASI
Tantangan managerial pada abad duapuluh
satu adalah untuk mengkoordinir pertumbuhan jaringan dari ketergantungan
aktivitas internasional. ada dua penggolongan mekanisme untuk mengkoordinir
aktivitas dalam MNES:
1. Mekanisme formal dan struktural
2. Mekanisme sulit dipisahkan dan informal.
Dalam prakteknya, pengawasan bergeser dari formal menjadi
lebih informal dalam mengkoordinir aktivitas . Untuk memahami transisi dari
struktural ke mekanisme pengawasan sulit dipisahkan dan informal, adalah
penting untuk memahami isu yang struktural tsb. Sebagai perusahaan domestik
peningkatan ke dalam suatu MNE, banyak
tekanan diletakkan secara internal dan eksternal pada struktur organisasi perusahaan . Beberapa
tanggung-jawab bergeser, orang-orang baru diciptakan, dan adakalanya keberadaan
orang-orang dihapuskan. Ketika tanggung jawab berubah , maka pelaporan dan arus
komunikasi juga berubah.
Lagipula, derajat pengawasan dicoba terus menerus. Perubahan
dari waktu ke waktu ketika perusahaan berkembang dalam ukuran, penyebaran geografis,
dan lini produk, dan ketika terjadi perubahan sosialpolitik dan lingkungan
ekonomi-sosial negara-negara. Peluang baru muncul, seperti halnya ancaman baru,
dan begitu suatu organisasi perusahaan secara konstan berkembang.
STRUKTUR DOMESTIK
Pertimbangan evolusi yang khas suatu
peruisahaan multinasional dari mulanya hanya semata-mata sebagai perusahaan
domestik.
Langkah
evolusioner tersebut melibatkan aktivitas ekspor yang jarang.Tenaga ahli luar
seperti perusahaan manajemen ekspor dan pengangkutan yang maju digunakan untuk
mengembangkan strategi ekspor.
Ketika barang ekspor
berkembang dalam hal volume, penggunaan tenaga ahli luar akan meningkat menjadi
mahal. Dan perusahan mungkin memutuskan untuk ”internalize” aktivitas ekspor
dengan merekrut personil baru untuk menjadi apa yang disbut departemen ekspor. Sehingga
akan mendapat kendali lebih besar dalam aktivitas ekspornya.
Ketika peluang pasar asing dan
penjualan meningkat, kelompok ekspor ini tumbuh secara searah dalam ukuran dan
kesempurnaan. Perwakilan penjualan asing mungkin ditambahkan , pemimpin akhirnya ditetapkan dari kantor
penjualan asing untuk mngidentifikasi pelanggan baru dengan lebih baik dan melayani
semua pelanggan lebih baik.
Dengan langkah ini
beberapa tegangan internal telah terjadi. Ketegangan yang pertama berhubungan
dengan tanggung jawab barang ekspor.
(Apakah kelompok
ekspor hanya menasehati divisi domestik ataukah dikuasai untuk membuat
komitmen).
- Dalam situasi penasehatan,
kelompok ekspor merasa dibatasi dan mencari otoritas lebih besar.
- Dalam situasi komitmen divisi
domestik merasa kehilangan kekuatan
Sebagai tambahan, tegangan dihubungkan dengan penetapan
harga internal dan alokasi laba. Kelompok ekspor ingin harga transfer yang
rendah dari divisi domestik sehingga dapat memperoleh laba lebih besar diatas
penjualan ekspornya. Sedangkan divisi domestik mencari harga transfer yang
lebih tinggi diatas barang barang yang dijual pada kelompok ekspor. Sehingga
dapat mendapat lebih banyak laba.
STRUKTUR
DIVISI INTERNASIONAL
Ketika produksi asing dibentuk apakah melalui suatu persetujuan perijinan ,
joint venture atau memiliki suatu
cabang.
Ada beberapa tekanan
organisasi yang berkurang ketika yang lain muncul. Secara spesisik banyak
perselisihan sebelumnya pada alokasi produksi , penjadwalan, adaptasi produk
dan harga transfer berkurang karena pasar ekspor kini dilayani oleh asing
dibanding produksi domestik.
Masalah baru dari
tanggungjawab dan pengawasan meningkat. Seseorang atau beberapa kelompok harus
mengambil tanggungjawab pada pertumbuhan operasi asing dan pengawasan menjadi
lebih sulit karena perubahan terjadi pada 2 lingkungan operasi (domestik dan
asing).
STRUKTUR GLOBAL
Untuk memperkecil konflik dan potensi ”suboptimisation”
perusahaan mengalami suatu reorganisasi utama, mengadopsi suatu struktur produk
global atau struktur geografis global
1. Pada struktur produk global. Pembedaan sebelumnya antara divisi internasional dan
domestik dihapuskan dan para manajer divisi produk diberi tanggungjawab dan
kontrol atas penjualan dan produksi produk mereka di seluruh dunia.
2. Pada struktur geografis global, keberadaan operasi domestik dan internasional menjadi
bagian dari salah satu struktur berdasar pada jumlah dan ukuran-ukuran yang
berhubungan dengan pasar dan produk mereka.
Contoh perusahaan yang sempit, relatif sederhana dan lini
produk yang stabil sering memiliki struktur geografis global, terutama ketika
produk mereka memerlukan banyak adaptasi lokal atau pengetahuan ahli dari
praktek konsumsi lokal, kebijakan pemerintah, dll.
PENGUASAAN PERUSAHAAN
Semua aktivitas bisnis terdiri dari satu set sumber daya dan orang-orang
yang mengelola usaha untuk membuat sumberdaya itu menjadi semenguntungkan
mungkin.
Pemegang saham tidak sama sama dengan yang mengelola sumber
daya tersebut. Pemegang saham ingin memastikan bahwa manajemen akan bertindak
sebaik mungkin ketika mereka mengelola sumber daya perusahaan.
”Penguasaan perusahaan”
adalah mengenai penentuan penggunaan sumber daya organisasi yang tersebar dan
resolusi konflik diantara anggota yang sangat banyak dalam organisasi. (Daily
2003)
Penguasaan perusahaan menjadi isu terkemuka di tahun-tahun
terakhir sehingga banyak perusahaan besar sekarang mempunyai website yang luas
yang dipersembahkan untuk ”penguasaan perusahaan dan pertanggungjawaban”
Website ini menyediakan banyak
informasi bagaiman struktur dewan direksi dan bagaimana kompensasi dari
manajemen puncak, serta berisi pernyataan atas etika dan tanggungjawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar