Konferensi Internasional Promosi
Kesehatan di Ottawa-Canada (1986) menghasilkan piagam Ottawa Charter
yang rumusan strateginya dikelompokkan menjadi 5 butir,yaitu:
a) Kebijakan Berwawasan Kesehatan (Health Public Policy)
Adalah ͢kegiatan yang ditujukan
kepada para pembuat keputusan/ penentu kebijakan yang berwawasan
kesehatan. Setiap kebijakan pembangunan di bidang apa saja harus
mempertimbngkan dampak kesehatannya bagi masyarakat. Misalnya, orang
yang mendirikan pabrik/ industri, sebelumnya harus dilakukan analisis
dampak lingkungan agar tidak tercemar dan tidak berdampak kepada
masyarakat.
b) Lingkungan Yang Mendukung (Supportive environtment)
Adalah kegiatan untuk mengembangkan jaringan kemitraan dan suasana yang mendukung yang ditujukan pada:
-pemimpin organisasi masyarakat
-pengelola tempat –tempat umum
Diharapkan
memperhatikan dampak terhadap lingkungan, baik lingkungan fisik maupun
lingkungan non fisik mendukung atau kondusif terhadap kesehatan
masyarakat.
c) Reorientasi Pelayanan Kesehatan (Reorient Health Services)
Melibatkan masyarakat dalam
pelayanan kesehatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya
sendiri. Bentuk pemberdayaan masyarakat yaitu LSM yang peduli terhadap
kesehatan baik dalam bentuk pelayanan maupun bantuan teknis
(pelatihan-pelatihan) sampai upaya swadaya masyarakat sendiri.
d) Keterampilan Individu (Personal Skill)
Kesehatan masyarakat adalah
kesehatan agregat yang terdiri dari kelompok, keluarga dan individu-
individu. Meningkatnya keterampilan setiap anggota masyarakat agar mampu
memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri ( personal skill)
sangat penting.
Masing-masing individu seyogyanya mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang baik terhadap :
-cara – cara memelihara kesehatannya
-mengenal penyakit2 dan penyebabnya
-mampu mencegah penyakit
-mampu meningkatkan kesehatannya
-mampu mencari pengobatan yang layak bilamana sakit
e) Gerakan Masyarakat(Community Action)
Derajat kesehatan masyarakat
akan efektif apabila unsur-unsur yang ada di masyarakat tersebut
bergerak bersama-sama. Dari kutipan piagam Ottawa, dinyatakan bahwa:
Promosi Kesehatan adalah upaya yang dilakukan terhadap masyarakat
sehingga mereka mau dan mampu untuk memelihara dan meningkatkan
kesehatan sendiri.
UPAYA PEMASARAN PRODUK DAN JASA
Dalam
strategi promosi kesehatan berdasarkan piagam Ottawa, ada berbagai
macam upaya pemasaran produk dan jasa yang telah dilakukan, melalui:
-media elektronik : TV,radio,internet, telepon seluler, film layar lebar
-media
massa : surat kabar, majalah, billboard, spanduk, umbul-umbul, poster,
leaflet, brosur bahkan tulisan ilmiah/ tulisan populer
-tatap muka langsung door to door
Upaya pemasaran produk dan jasa
tersebut dirasakan kurang efektif apabila tidak dilakukan upaya
perubahan prilaku hidup sehari-hari masyarakat. Maka dilancarkan upaya
pendidikan kesehatan yang dipadukan upaya pembangunan kesehatan dan
pengorganisasian kesehatan
Perkembangan pendidikan kesehatan
1975-an : disebut Penyuluhan kesehatan
1995 - sekarang : disebut Promosi kesehatan
Revisi
Istilah Promosi Kesehatan di Bangkok bermakna : KIE(
Komunikasi,Informasi dan Edukasi), pemasaran sosial, Mobilisasi sosial,
Pemberdayaan masyarakat, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar